Kamis, 29 Juli 2021

Berapa Lama Makanan Masak diSimpan di Kulkas [Tips Berikut akan Menjawabnya]

Kamis, 29 Juli 2021

 

Ilustrasi gambar Soup Kuah Laksa Sayuran by bidikfood

bidikfood - Kesehatan menjadi topik istimewah dalam menjaga imun tubuh seseorang agar tidak terkontraksi dengan covid-19 yang masih mewabah hingga hari ini.


Filosofi kuno lebih baik lambat asal selamat itulah yang sering dialamtkan kepada mereka yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat saat bepergian.


Baca Juga : Tips Sehat Bagi Lansia di Tengah Pandemi


Falsafa ini juga mungkin tidak salah bila diterapkan dalam menciptakan lingkungan keluarga anda tetap sehat apalagi soal komsumsi makan setiap hari. kadang orang bertindak cepat atau simpel tanpa memikirkan efek dari tindakan yang dihasilkan.


Inilah yang menjadi topik bahasan kita sebaik apa makanan yang sudah dimasak kemudian disimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas.


Kadang kita selesai makan atau belum sempat makan,  makanan yang telah dimasak, solusi terakhirnya disimpan dalam kulkas memang tidak ada yang salah dari tindakan tersebut, tetapi ada baiknya tutup dulu dalam penutup saji yang bersih baru dipikirkan untuk disimpan di lemari pendingin.


Namun harus diketahui apa saja jenis makanan tahan di kulkas, sebab ada makanan yang hanya beberapa jam bertahan dalam refrigerators.


Menyimpan bahan makanan yang telah diolah dalam lemari pendingan (lempen) 3-4 hari  akan membuat makanan tersebut cepat basih dan rusak. lama penyimpanan makanaan sebagaimana yang dicatat dibawa ini adalah selama 1 (satu) hari tidak boleh lebih.


Contohnya seperti bakwan, lumpia goreng, tahu isi sayuran, ikan atau daging berbahan dasar santan kelapa, sayuran tumis dan saus berkuah, meski demikian ada tetap mengkomsumsinya dengan alasan "sayang rugi nantinya".


Okelah tidak jadi masalah kalau anggapan ini menurut anda adalah baik, tetapi apakah itu menyehatkan, padahal tubuh sehat, imun bertahan masih menjadi senjata andalan di barisan depan menangkal radikal virus yang setiap saat menjadi ancaman keselamatan.


Mungkin diluar rumah kita terbebas dari kontaminasi virus tetapi di dalam rumah cara atau praktek tidak sehat sering dijalankan inilah masalahnya.


Beberapa tips berikut bisa membantu anda menerapkan cara-cara benar dalam menyimpan makanan yang sudah diola atau di masak dan akan anda komsumsi kembali.


Waktu Ideal Penyimpanan Makanan - Jenis makanan yang sudah disebutkan diatas (warna kuning) memiliki durasi ideal bertahan dalam kulkas selama 2 hari lebih dari itu makanan tersebut tidak sehat lagi bagi tubuh untuk di komsumsi apalagi dipanaskan kembali.


Sebab kadar asam dalam makanan tersebut hampir 50% dan ini cukup tinggi.


Untuk makanan olahan berjenis gorengan tidak di sarankan disimpan dalam lemari pendingin sebab,  tekstur kriuknya akan hilang dan bila di goreng kembali akan lebih banyak menyerap minyak dan bagi penderita asam lambung, diabetes dan koleterol tinggi, ini sangat tidak baik.


Bila makanan jenis ini tersisa cukup banyak dan anda ingin berdonasi bagilah buat tetanggamu atau keluarga terdekat anda.


Paking yang Benar - Hal kedua yang tidak kalah menariknya adalah membungkus makanan saat anda menyimpannya. Hindari menyimpan makanan berkuah dalam wadah besi, stainles maupun aluminium karena rentan berkarat kecuali akan ditaruh dalam freezer.


Pakailah kontainer box plastik untuk menyimpan semua bahan makan siap dimakan dengan menutupnya rapat-rapat, jangan menaruh jenis kaleng muda berkarat dalam kulkas seperti kaleng susu, tomato paste atau sejenisnya sebab baunya akan terkontaminasi ke bahan makanan lainnya, kecuali itu dibungkus dengan teratur memakasi plastik kafer


tetapi ada baiknya jangan menaruh jenis kaleng-kalengan sebagaimana maksud poin ke-2.


Suhu Kulkas - Untuk mempertahankan suhu cheeler tetap stabil jangan sering membukanya sebab jika sering membukanya maka temperatur dari lemari pendingin tersebut akan tidak stabil dan membuat makanan dalam kulkas cepat rusak 

.

apalagi menyangkut saus berkuah.


Ketiga tips diatas dapat dilakukan dengan teratur asal berhubungan dengan komsumsi makanan yang cukup satu hari dalam wadah penyimpanan pendingin, sehingga saat di komsumsi makanan tetap segar.


Untuk jenis makanan kadaluarsa dengan waktu yang lama dapat disimpan dalam Freezer seperti french fries, sosis, kacang polong dan daging packing.


Photo oleh deni's

Saat ini kesehatan manusia benar-benar diuji agar terhindar dari serangan virus dan bagi mereka yang memandangnya sebagai sesuatu berharga tentu dapat menerapkan maksud dalam artikel ini.


Sejauh yang bisa dihindari untuk menjaga imun tubuh tetap sehat dan bertahan dari serangan virus belajarlah pola hidup sehat dari diri sendiri dengan mengkomsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


Baca Juga : Tips Menyimpan Daun Selada di Kulkas


Makanan sehat bergizi tidak juga harus yang mahal-mahal, apa adanya milik anda dirumah tapi dikelola dengan cara higinis akan menghasilkan makanan sehat dan bergizi pula.


Mari tetap jaga kesehatan dengan melakukan hal-hal kecil di lingkungan keluarga yang mungkin selama ini saya dan anda abaikan.


Salam Sehat

deny/bidikchanel

Show comments
Hide comments

Komentarlah Sesuai Tujuan Web Jangan Sertakan Link Aktif, Terima Kasih Sudah Berkunjung Salam Sehat